PENDAR - pawicangi

renovasi type 36, menggabungkan 2 rumah!

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya & suami punya 2 rumah tipe 36/70 (6x12m) yang bersebelahan. Rencananya nanti rumah tersebut akan kami gabung menjadi satu sehingga menjadi 1 rumah yang cukup besar untuk kami sekeluarga. Kami ingin setiap kamar penghawaannya bagus dan kalau memungkinkan jadi 1 lantai saja. Ruang yang kami butuhkan sbb:

- 1 KT Utama dengan KM kecil di dalam
– 2 KT anak + 1 KT tamu
– 2 KM di luar/umum
– R Tamu
– R Makan
– R Keluarga
– Dapur
– Carport 1 mobil

Adapun denah asalnya adalah seperti berikut :


(click picture to enlarge)

Terima kasih atas bantuannya.

Salam,
Aisah Pawicangi

 

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

Sebenarnya saya termasuk arsitek hebat yang berusaha sedapat mungkin mempertahankan kamar mandi. Tetapi setelah melihat denah eksisting ibu, dengan sangat menyesal saya harus mengatakan bahwa ibu harus membongkar salah satu kamar mandi. Hal ini diperlukan untuk membawa area belakang rumah sebagai satu bagian utuh dengan bagian depan. dengan demikian, area olahan denahnya menjadi lebih leluasa pula.

Sebenarnya bisa saja dimanfaatkan semua dengan salah satunya untuk kamar mandi ruang tidur utama (membesarkan salah satu kamar) tetapi sekali lagi konsekwensinya adalah area belakang hanya murni menjadi servis. Taman pun tidak bisa karena tidak terakses pandang dari area umum.

Oiya satu lagi, denah dengan kamar mandi yang menutup keleluasaan area umum seperti ini saya kecam habis-habisan dalam buku saya mendatang. Sebenarnya arsitek lulusan mana sih yang membuat denah sehancur itu..

Tapi dibalik keburukan itu, apa yang ibu lakukan dengan membeli kedua rumah yang bersinggungan area umumnya seperti ini adalah sangat benar. menjadi himbauan bagi semua pembaca yang ingin menggabungkan dua rumah, jangan sekali-sekali membeli dua unit dimana yang bersinggungan adalah kamar-kamarnya. Akan semakin susah direnov.

Pada kasus kali ini, yang bisa dipertahankan adalah satu kamar mandi dan 4 kamar. Selain itu, ada perubahan untuk menyesuaikan kebutuhan baru.

 

 (click picture to enlarge)

Oiya, area jemur diletakkan di taman belakang kamar tamu karena kamar tamu lebih jarang digunakan. Itu saja. Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti ibu Aisah?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s