new day has come..

ahahahay..

 

maaf sudah lama sekali tidak update..

karena memang selama kurun waktu vakum, saya kerja di proyek proyek hospitality yang sangat sangat sangat menghabiskan waktu. Daaaaannn.. yang saya dapatkan adalah, saya telah menjadi mesin. lembur lembur dan lembur.

saya bertekad kuat untuk meninggalkan diri saya yang mesin itu, dan kembali menjadi manusia. saya sudah mulai lagi ngurus fakir-fakir desain.. hahaha.. maafin bahasa saya juga yaaaa.. tapi saya tidak berniat merubah itu. hanya saja resapkan benar benar bahwa bahasa saya itu hanya bercandaan, sehingga sikapilah dengan tawa.

saya akan kembali bersedekah desain. tapi tentu tetep kapitalis. yang bayar diduluin. hahaha.. ada beberapa yang saya sempat kerjakan selama masa vakum, yang saya masih cari cari filenya untuk bisa dibagi disini.

harap sabar menunggu.. (sumpah saya yakin ada yang nunggu.. hahahaha..)

salam hari baru! hidup 2016!

 

 

PUTU SUNANCA

tanah 70m2 kok minta 3 kamar..

PERMASALAHAN :

dear pendar..

sore bro, tahun lalu saya beli rumah. Selama setahun ini saya kontrakkan dan sekarang mau ditempati sendiri. Saya sudah lihat lihat halaman lain, tapi nggak ada yang bisa diadopsi ke denah saya. apa sebaiknya di bongkar total dan bangun ulang? Cuma type 21 kok.

denah jimbaran view

(gosok-gosok aja gan linknya.. biar bangun..)

keinginan ruang nya nggak muluk muluk. Cuma perlu 3 kamar tidur saja. lainnya bisa menyesuaikan. 2 lantai, agar ruangannya lapang dan masih bisa punya taman. Minta tolong sekali untuk bisa di bantu. Karena uang buat bangun ini dari hasil utang bank. Kalau jadinya mengecewakan, sayang uangnya.

Terima kasih dan saya doakan mas bro selalu sukses dalam hidup dan pekerjaannya.

Putu Sunanca

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

gile bener.. kliatannya butuh siraman desain nih orang.. dan sebagai arsitek hebat yang juga baik hati, saya pun bersedia membantu.

Begini mas Putu, tentang pertanyaan apakah perlu di bongkar total, pertanyaan yang cukup tajam. Karena mas putu minta 2 lantai, maka jawabannya 50-50 mas. menambah lantai itu berarti harus memperkuat struktur. Yang berarti harus membuat pondasi setapak baru dan kolom penyangga baru. Kalaupun mempertahankan denah asli, yang benar benar tidak di bongkar hanya dinding tengah saja. sedang sudut sudutnya harus di tambahkan kolom baru. Apalagi kalau tata ruangnya dirubah, harus mindah pintu dkk, habislah semua dengan sendirinya. Itu 50 yang pertama.

50 yang kedua, dengan mempertahankan bentuk asli, setidaknya pondasi dan sebagian dinding pada bangunan itu bisa dimanfaatkan, harga pondasi dan sebagian dinding itu juga lumayan untuk mengurangi modal yang harus utang bank. Ternyata, selain hebat, saya juga arsitek yang bijaksana..

Dan mengenai keinginan yang tidak muluk muluk, 3 kamar untuk lahan yang hanya 70 meter persegi itu menurut saya lebih dari muluk muluk mas! tapi namanya juga bali.. tahun 2010 saya ada kerjaan di daerah nusa dua, harga tanah masih 100 juta per are. Pertengahan 2012, ada kerjaan lagi harga tanah sudah 200 juta per are. Dan lagi, bulan lalu sudah 400 juta. Memang mengerikan harga tanah itu..

PUTU SUNANCA

(gosok-gosok aja gan gambarnya.. biar bangun..)

Kamar eksisting saya pertahankan namun berubah fungsi menjadi ruang tamu. Sebenarnya saya mau kasih tangga putar biar ngirit tempat. Tapi mas sunanca bilang, kalo pake tangga putar jadi seperti ruang jemuran semua. Ah.. Saya hanyalah seorang arsitek hebat diantara kungkungan mereka yang awam..

salam pendar!

YOSEP

bentuk lahan mengerikan? salah siapa..

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Boss….

tolong bantuan aku untuk desain pengembangan rumah type 36,

contoh yang aku buat kira2 gimana ??…

 

YOSEP desain ndiri

(elus-elus gambarnya biar tambah gede..)

 

tolong bisa disempurnakan biar lebih ok.

dan tolong dibuatkan untuk desain bentuk atap dan pandangan depannya….

makasih sebelumnya boss…

salam kenal…..

Yoseph Pribadi ( Solo )

  

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

sebelumnya saya ingin menegaskan, saya bukan boss.. saya hanyalah seorang arsitek hebat..

sesudahnya, selamat berjumpa lagi dengan sebagian besar penggemar saya yang sudah menanti-nantikan karya besar apa lagi yang akan dianugerahkan oleh seorang arsitek besar seperti saya, kepada fakir-fakir desain seperti mereka..

it’s been a long time since the last page..

mari kita sudahi acara kangen-kangenan ini dan langsung saja kita merujuk pada pasien yang satu ini, mas yosep.

Begini mas yosep, terus terang saya sangat tertantang ketika melihat bentuk tanah anda. ini adalah bentuk tanah paling mabok yang pernah ada di muka bumi ini. bentuk tanah seperti ini akan banyak ditemui pada perumahan-perumahan kelas menengah dari masa sekitar awal 90’an. Masa-masa awal lahirnya cluster kuldesak. Para perancang kawasan saat itu tentunya tidak ada yang sehebat saya sehingga tidak memiliki solusi lain untuk mengolah tanah-tanah sudut yang terbentuk. Dan sebagai jalan pintas, dibagi dua secara diagonal. inilah hasilnya..

Ruang apa yang bisa anda tempatkan pada bagian sudut lancip di belakang itu? hanya taman tentunya. Padahal anda membayar bagian tanah itu sama harga dengan bagian tanah lain, tetapi dengan tingkat keleluasaan yang jauh dibawah. Meskipun bagi etnis tionghoa bentuk lahan mengantong itu dicari karena dipercaya akan membendung rezeki, tapi nggak gitu juga kalee..

Mas yosep, arah pengembangan seperti desain anda itu sudah sangat benar. pengembangannya membelok ke arah lahan yang persegi dan menjauh dari sudut laknat itu. tapi ada satu hal yang perlu anda perhatikan. Bahwa bentuk pengembangan seperti ini akan menimbulkan beberapa ruangan yang bersudut, pada area pertemuan antar dua lahan persegi.

Nah.. pada perkara inilah akan terlihat siapa yang hanya sekedar arsitek bagus, dan siapa arsitek hebat yang sesungguhnya.. Anda harus cermat dalam memilih ruang ruang apa yang mengizinkan bentuk ruang bersudut dan mana yang tidak boleh.

Jika melihat desain mas yosep, mas yosep memilih kamar mandi sebagai ruang yang dikorbankan. Mungkin pertimbangannya adalah karena kamar mandi digunakan dalam tempo-tempo singkat. Sehingga ruangannya juga tidak perlu terlalu sempurna. Tapi ternyata, pilihan ini adalah suatu kesalahan yang sangat fatal..

Kamar mandi itu ruangannya relatif lebih kecil.. sehingga jika bentuknya kurang bagus, akan semakin tidak efektif dan jauh dari kenyamanan. Selain itu, bentuk sudut lancip seharusnya dihindari karena akan sulit dibersihkan. Apalagi kalau sudut lancip itu terdapat pada kamar mandi.. hii..

 

 YOSEP

(elus-elus gambarnya biar tambah gede..)

 

Diatas adalah desain yang saya usulkan. Saya upayakan agar sesedikit mungkin merubah bangunan asli. Perhatikan, saya lebih memilih membentuk sudut tumpul ketimbang sudut lancip. Coba perhatikan..

Kemudian perhatikan, saya memilih ruang keluarga, ruang makan dan pantry  yang mengalami ruangan bersudut itu.. mengapa? Karena ruangan ini, apalagi karena digabungkan,  memiliki luasan yang relatif  lebih besar daripada kamar mandi. Sehingga sudut-sudut yang terbentuk secara tidak langsung akan tersamarkan.

Mungkin seperti itu.. dan coba perhatikan, sekali lagi terbuktikan, saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Yosep?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

PENDAR - denah - sgmbf

pengembangan rumah ke samping..

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya memiliki rumah dan di sebelah kanannya masih ada lahan kosong ukuran 12 x 7 meter ,saya berencana untuk merenovasi rumah yang ada dan ditanah kosong tersebut denah yang saya inginkan sbb:
kamar tidur utama dan ruang santai tambahan satu kamar lagi
Ruang keluarga yang cukup luas
gudang
garasi

Saya ingin sebagian rumah dibangun 2 lantai agar tidak tenggelam dari tetangganya yang banyak 2 lantai. Kalau bangunan lama bisa dipertahankan, akan sangat bagus. Tetapi kalau harus dirubah, ya tidak apa-apa. Tapi jangan banyak2.
Mohon bantuan Bapak untuk designya, gambar denah lama saya sertakan berikut .Terima kasih atas Bantuan Bapak.


(click picture to enlarge)

Salam,

Hendra

 

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

bangunan lama tidak ada perubahan. Hanya ada penyesuaian satu dua ruas dinding saja untuk menyambungkan dengan bangunan baru dua lantai di tanah kosong. Tidak ada permasalahan berarti. Kalau bapak ingin ada kamar mandi dalam untuk kamar utama, bisa ditambahkan di depan pintu masuk kamar. 1.5 x 2 m masih cukup.

 

 (click picture to enlarge)

Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Hendra?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

 

PENDAR - denah - vickyrus

renovasi apa bangun baru ya???

PERMASALAHAN :

dear pendar..

saya baru beli tanah, tapi tanah tersebut sudah ada pondasinya. pondasi tersebut dibuat oleh pemilik lama berdasarkan gambar berikut :

(click picture to enlarge)

Namun, kebutuhan saya saat ini berbeda dengan denah tersebut. kebutuhan ruangan saya dan keluarga adalah :

– 1 ruang tidur utama (dengan kamar mandi dalam)
– 2 ruang tidur anak
– 1 kamar mandi / toilet
– dapur
– ruang keluarga
– ruang tamu
– car port / garasi
– taman
– gudang (tentative – boleh ada boleh tidak)
– ruang kerja (tentative – boleh ada boleh tidak)

saya mohon bantuan bapak untuk memberikan saya tatanan ruang sebagaimana saya butuhkan tersebut namun sedapat mungkin menggunakan pondasi yang sudah ada.
atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih..

Thanks

Vicky rusli

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

selama ini orang memilih membeli rumah karena praktis, tidak pake ribet. tinggal bawa koper, langsung masuk (tentunya kopernya bakalan besar besar karena isinya lemari, dipan, kompor gas, dll). ada juga orang yang memilih membeli tanah karena mereka bisa kontrol kualitas bangunannya. baik kualitas konstruksi, maupun keleluasaan dalam upaya mensenyawakan antara kebutuhan dan wadahnya.

anda diluar kelaziman. karena apa yang anda lakukan dengan membeli tanah berpondasi itu menghilangkan kepraktisan rumah dan keleluasaan tanah sekaligus. sehingga ketika nantinya anda punya rejeki lagi dan mau beli rumah atau tanah, jangan diulangi lagi! hehe..

tapi berhubung saya adalah arsitek hebat, saya akan membantu bapak semaksimal mungkin.

dalam kasus ini, saya rasa tidak ada masalah. Pondasi lama tetap bisa digunakan. Pada gambar tersebut, pondasi belakang saya mundurkan satu meter biar luas kamar anaknya sama. karena saya suka simetris dan keadilan yang merata. hidup anda akan sangat berat jika anak anda merasa dibedakan kasih sayangnya hanya gara-gara kamar yang tidak sama luas. padahal itu salah pemilik tanah anda yang lama. Tetapi jika bapak tidak memundurkan pun tidak masalah.

tentang Gudang dan ruang kerja, saya tetap adakan. Kalau ternyata bapak tidak jadi membutuhkan, tidak bisa dihilangkan begitu saja pak. Harus ditata ulang.  padahal saya yakin bapak tidak membutuhkannya. anda hanya mengikuti kebutuhan ruang pemilik lama.. kasihan..

 

 (click picture to enlarge)

mungkin akan seperti itu jadinya. terbukti kan, Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Vicky?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

PENDAR - denah - rsaleh

balada taman kecil di lahan luas..

PERMASALAHAN :

dear pendar..

mohon bantuan dari Bapak untuk membuatkan gambar rumah untuk saya dengan ukuran tanah panjang 28m lebar 14 m. tanah tersebut menghadap keselatan pada sisi lebar.

adapun ruangan-ruangan yang saya inginkan :
1. Kamar tidur utama
2. kamar mandi kamar tidur utama
3. kamar tidur anak 2
4. kamar tidur tamu
5. kamar mandi 2
6. Ruang keluarga
7. ruang tamu
8. dapur menyatu dengan ruang makan
9. kamar pembantu
10. garasi
11. gudang

saya ingin agar ruang tidur utama, ruang keluarga dan ruang makan berada dekat dengan taman kecil disamping rumah. Oiya, kami ingin kamar tidur yang luas-luas.

atas bantuan, bapak saya ucapkan terima kasih.

Rahmat Saleh

 

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

saya agak keberatan dengan keinginan bapak yang terakhir itu. kalau ada keinginan semacam itu, seharusnya bapak menjelaskan dengan lebih pantas melalui gambar. oret oret saja. sehingga saya tidak perlu susah-susah membayangkan keinginan bapak itu. apakah tamannya harus kecil? Padahal tanah bapak begitu luas. Dan apakah harus di samping? Lalu mengapa harus ketiga ruang itu?

saya bingung bukaan masalah apa-apa. Saya bisa merencanakan denah diawali dari setting taman kecil di samping yang dikelilingi oleh ketiga ruang itu, tetapi masalahnya, bagaimana dengan ruang-ruang lainnya? padahal semua minta yang luas-luas. saya rasa perencanaan harus lebih integratif.

 

 (click picture to enlarge)

Mohon maaf apabila keinginan bapak tidak dapat terpenuhi seluruhnya. Terutama untuk kamar utama menghadap taman kecil di samping. Tetapi saya gantikan dengan menghadap taman luas di belakang. Dan mengenai kamar yang luas-luas, saya terjemahkan secara proporsional. Saya rasa sudah cukup luas. Walaupun dengan konsekwensi muncul koridor. Kalau bapak ingin ada akses menuju taman belakang, bisa ditempatkan pada ujung koridor tersebut.

Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Rahmat?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

 

PENDAR - denah - sfadhli

air sumur rasa duren.. hiiiiiii….

PERMASALAHAN :

dear pendar..

saya memiliki tanah ukuran 20 x 15 dan berencana untuk membangun rumah menghadap ke selatan( ukuran dan gambar terlampir), tapi saya mengalami kendala dalam mmbuat desain ruang-ruang pada rumah dengan ukuran seperti itu,. rencana saya membuat rumah yang minimalis dengan fokus pada sirkulasi udara yang baik dan juga taman besar yang mengelilingi rumah. adapun ruangan yang saya butuhkan adalah sebagai berikut :

Lantai dasar : ruang tidur utama, garasi, ruang tamu,ruang shalat, kamar tidur tamu, kamar tidur pembantu, dapur, servis area, ruang makan dan ruang keluarga.

Lantai 1 : kamar tidur anak, kamar tidur anak, kamar tidur anak, ruang keluarga dan balkon.

demi penghematan listrik, saya bermaksud untuk membuat dua buah bak besar untuk penampungan air, saya mohon bantuan untuk peletakan bak tersebut. adapun dua bak besar ingin saya fungsikan sebagai penampungan air bersih(PAM) dan yang satunya air sumur untuk keperluan sehari-hari, ini saya rencanakan karena kualitas air sumur yang kurang bagus dan juga PAM yang sering tersendat.

demikian, atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

Saiful Fadhli

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

pada dasarnya penempatan sumur yang cukup aman terhadap kontaminasi adalah berjarak kurang lebih 10 m dari sumur resapan terdekat (bukan septictank). Karena kalau tidak, maka air sumur bapak akan memiliki rasa yang berubah-ubah setiap harinya, tergantung menu masakan tetangga bapak. dan saya rasa itu sedikit menjijikkan.. hehe..

biasanya, untuk menentukan perletakan sumur, harus tanya dulu kepada tetangga sebelah, dimana mereka meletakkan sumur resapannya? baru kemudian kita tentukan letak sumur kita.

tetapi karena lahan bapak cukup luas, berikut kami sertakan gambar perletakan sumur yang kami sarankan berserta perletakan sumur resapannya.

(click picture to enlarge)

namun demikian, perletakan sumur resapan tersebut tetap membutuhkan informasi dari tetangga sebelah mengenai posisi sumur mereka. selain itu, jika dapat ditanyakan mengenai letak sumur resapan para tetangga tersebut, tentunya perletakan sumur bapak dapat lebih leluasa. untuk under water reservoir, sebaiknya diletakkan di dekat sumur saja.

ini saya sudah coba bikin denahnya pak, mengenai letak sumur dan under water reservoir-nya berada di bawah tangga. Kebutuhan ruang, semua sesuai keinginan bapak.

(click picture to enlarge)

semoga berkenan dan selamat membangun. Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Fadhli?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio