PENDAR - type 45 hook RENOV

Renovasi type 45 hook

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Rumah saya type 45, hook, menghadap Timur. Saya sudah tambah 1 lantai di belakang untuk tempat cuci jemur serta kamar tidur & kamar mandi pembantu dengan ceiling level (expose) +2.700. Saya ingin merenovasi rumah yang ada dengan kebutuhan ruang saat ini sebagai berikut :

1.    Kamar tidur utama dibesarkan dan mempunyai kamar mandi privat (outdoor lebih disukai)

2.    Kamar tidur anak ( 3kamar ) di atas dengan 1 kamar mandi, dan tambahan ruang keluarga atau ruang main untuk teman anak ketika berkunjung atau perpustakaan

3.    Sirkulasi udara yg nyaman (perlu taman/kolam di dalam?) dengan konsep membawa suasana alam ke dalam (facade kontemporer atau tropis tradisional)

4.    Carport eksisting bisa disesuaikan. Pintu utama, saya lebih suka menghadap timur

5.    Ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan & dapur tetap di bawah (?)

6.    Apakah dapur perlu dipindah, karena tangga yang sekarang terlalu curam untuk public used? Atau tangganya yang dilandaikan atau malah dipindah?

Berikut saya sertakan denah saat ini :

(click picture to enlarge)

Terima kasih sebelumnya atas ide/advisenya.

Didiek

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

Kalau saya lihat dari denah anda, sepertinya rumah anda bergaya mediteran khas perumahan. Sedangkan solusi yang mungkin saya berikan, akan berdasar pada gaya modern. Sehingga silahkan anda putuskan, mana yang akan anda sesuaikan atau pertahankan. Saya buat demikian karena untuk rumah type menengah sederhana, simple modern adalah yang paling tepat. Ringkas, tidak neko-neko, mempermudah hidup. Sebagai contoh, tata ruang tamu dan kamar utama dengan dinding yang berkelok-kelok hanya untuk mengejar bentuk area penerima, adalah termasuk mempersulit hidup. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana anda menata perabot di kamar utama. Sedangkan ‘lompongan’ di ruang tamu, hanya bermanfaat untuk tempat bersembunyi ketika anak anda bermain ‘jumpritan singit’ dengan teman-temannya.

Semakin ke dalam, sepertinya semakin berantakan. Pintu kamar mandi menghadap ruang makan dan tatanan ruang belakang yang seperti dipaksakan dan terasa sangat pengap. Saya yakin, asap ketika pembantu anda memasak akan lebih memilih untuk menjelajah ke seantero rumah (terutama kamar anak anda) daripada berjuang menembus beton tangga terjal untuk bisa sampai pada udara bebas. Saya beri satu rahasia, udara kotor itu ‘pemalas’, dia hanya mau diam; kalaupun jalan, seringkali salah arah. Letak meja dapur yang menghadap langsung pada jendela kamar anak, akan semakin menjerumuskan si pemalas itu.

Mengenai area tambahan dan tingkat atas, saya hanya bisa maklum. Telah menjadi kondisi umum pada publik, ketika menambahkan ruang pada laham mereka, mereka hanya memaksimalkan luasan saja. Tentunya dengan meminimalkan kualitas. Saya tidak menyalahkan anda, karena saya yakin, denah asli dari arsitek perumahan anda pun sudah berantakan. Saya hanya sangat kagum pada bagaimana anda menghargai pembantu. Kamar pembantu anda, sepertinya lebih nyaman ditinggali daripada kamar anak anda sendiri.

Sepertinya jika saya lanjutkan, akan semakin banyak hujatan. Daripada menghujat karya orang, lebih baik saya memuji karya saya sendiri.  Berikut usulan denah renovasi untuk permasalahan dan kebutuhan anda :

(click picture to enlarge)

Lihatlah tata ruang usulan saya di atas. Kesempurnaannya begitu indah, cenderung mengharukan. Sayapun dibuat speechless olehnya. Taman di tengah merupakan solusi bagi tanah tanah terbatas yang harus menanggung kebutuhan ruang gila-gilaan yang anda inginkan. Semua ruang mendapatkan akses ke luar. Kamar mandi di kamar utama juga masih mendapatkan taman, meskipun kecil. Saya rasa cukup, karena dengan 3 anak, sangat jarang pasangan suami istri yang masih suka kejar-kejaran di kamar mandi. Penempatan tangga dengan dinding kaca juga merupakan solusi cantik. Terlalu banyak keunggulan yang akan sangat panjang jika harus saya ceritakan satu persatu. Saya memang arsitek hebat!

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti bapak Didiek?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

