PENDAR - benny 5x20

Lahan 100m2 memanjang 5×20

PERMASALAHAN :

dear pendar..

beberapa waktu yang lalu, saya terlibat dalam komunikasi email berbalas dengan Pak Benny. seperti ini email beliau :

Saya butuh bantuan, saya ada tanah 100m2 ( 5 x 20 ) yang sudah berbatas tembok dengan tetangga kanan kiri. Mohon bantuannya untuk desain rumah dengan kondisi seperti ini sebaiknya bagaimana, karena saya bingung dengan ukuran lebar yang hanya 5 meter. berikut adalah kebutuhannya : kamar utama ( inginnya aga besar dan memiliki jendela ke luar/dapat cahaya), kamar tamu, kmr.mandi (rencananya mau pakai bathtube), Ruang tamu, Ruang nonton TV, Dapur, taman kecil dan teras, sedikit ruang terbuka di belakang, Garasi. Apakah bisa semua itu di bangun diatas lahan 100 meter ( 5 x 20)? atas segala bantuannya kami ucapkan terima kasih.

lalu saya jawab :

bisa saja pak. Mobilnya apa pak? kalo saya buat ukuran normal, depannya bisa abis buat garasi saja itu, minimal 3 m. atau bisa hanya carport saja? untuk ruangannya mungkin sangat bisa, tetapi akan banyak habis untuk sirkulasi. ruangan ukuran lebar 2,5 apa cukup? itu beneran kamarnya cuma dua?

dijawab lagi sama si Pak Benny ini :

Ya yang saya maksud memang carport, maaf pengetahuan saya tentang istilah kurang baik. Mobil ukuran standart kijang, untuk ruangan lebar 2,5 meter oke, namun inginya untuk kamar utama lebarnya 3 meter, (di taruhnya di akhir bangunan bisa di depan atau di belakang). mohon masukanya Pak agar rumahnya bagus..

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

permasalahan untuk tanah memanjang adalah ruang sirkulasi yang harus tersendiri. biasanya kondisi ini akan memakan banyak ruang. tapi untung saja pak Benny ini kebutuhan ruangnya tidak neko-neko.. jadi saya agak lega. biasanya orang akan mengorbankan ruang keluarga menjadi seperti lorong yang serba salah.. mau di pake santai, tapi malah emasi gara-gara sering dilompati sama penghuni lain yang berpindah tempat..

(click picture to enlarge)

saya bikin denah ini nggak nyampe 1 jam. gampaaaaaaaaaaaang banget! saya memang arsitek heebat!

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti bapak Benny?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

5 thoughts on “Lahan 100m2 memanjang 5×20

  1. dear pendar

    kebetulan tempat tinggal saya juga ukuran 5×20, mohon masukannya untuk denahnya apabila saya ingin bangun 2 lantai.

    regards

  2. Ngusul yg bkn ngasal:

    Mas, jendela jendela yg hadap taman kya d ruang kelg mending ilang mas. Atap ttp buka. ( Sistem keamanan ada di atas). Trus kmr mandi master bedroom taruh di pojok kiri atas. Hadap taman. Bed juga ttp bisa hadap taman.

    Zoning ud oke🙂.

bagi komennya dooonggg...

