PENDAR - TYPE 45 RENOV

type 45 renovasi

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya baru beli rumah type 45 dengan luas tanah 8 X 15. Denah terlampir berikut saluran air
bersih & saluran air kotor.

(click picture to enlarge)

1.Saya ingin memperbesar kamar tidur yang ada di belakang dan dalam kamar tidur
tersebut ada kamar mandi dalam. Sebaiknya bagaimana konsepnya, berikut desain dan interior baik untuk kamar tidurnya maupun kamar mandinya, dalam kamar mandinya dimungkinkan ada bathtubnya nggak ya?

2.Ruang keluarga terasa sempit. Dimungkinkan nggak tembok yang sekarang ada di
buang sehingga ruang terkesan lebih luas.

3.Saya juga berencana, (jika no. 2 dimungkinkan di ubah) maka pada dapur yg cukup
sempit akan saya tambahkan ke belakang. Sekalian ruang makan yang unik kalau bisa.

Terima kasih

A. Harjo

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

Selamat! denah eksisting dari pengembangnya bagus pak. Banyak pengembang sekarang bikin denah selayaknya rumah keong yang tidak bisa dirubah. Kalo sudah tidak sesuai dengan kebutuhan ya harus dijual dan beli baru. Sedangkan denah rumah anda memungkinkan pengembangan. dan sepertinya pengembang sampeyan ini juga cukup baik hati. karena setelah saya hitung, luas bangunannya lebih dari 45m2.  langsung pembahasannya saja ya pak..

(click picture to enlarge)

1. kamar belakang sangat bisa dibesarkan. Tinggal menyambung ke belakang saja. tentang kamar mandi, masih memungkinkan dengan bathtub.

pada denah yang saya buat itu, kamar mandi saya dekatkan dengan kamar mandi eksisting, maksud saya adalah untuk dapat menggabungkan utilitasnya. saya titipkan taman kecil di dalam kamar mandi, atapnya bisa pake bahan transparan atau terbuka sama sekali. dengan keberadaan taman ini, perputaran udara di kedua kamar mandi bisa lebih baik.
Sebenarnya kamar mandi baru bisa diletakkan pada penambahan ruang baru kebelakang. Namun demikian, keputusan ini harus diikuti dengan pembuatan septictank baru. sedangkan di perumahan, biasanya membuat septictank baru agak susah. karena penempatannya harus disesuaikan dengan tetangga. Kalau tega, atau tetangganya kebetulan nyebelin, ya bisa juga taruh septictank baru di mana saja. tapi saya tidak menyarankan.

2. ruang keluarga bisa dimundurkan. tetapi atapnya akan kesulitan (tidak semudah penambahan pada kamar). saya sarankan, untuk ruang tambahannya menggunakan atap datar saja pak. sehingga tidak perlu merubah atap yang ada. kalau duitnya ada, atapnya sekalian dirubah juga boleh.

3. Dapur tinggal mengikuti ruang keluarga. Lalu untuk ruang makan yang unik.. ide saya hanya gazebo terapung seperti di gambar. kalau keunikannya kurang ekstrim, bisa makan sambil kayang pak.. oh iya, menuju ruang makan harus melalui dapur ya pak. Memang agak tidak lazim. Dan saya yakin pada akhirnya bapak akan tergoda untuk memberi pintu tambahan dari ruang keluarga. Tapi harap diingat, hati-hati, jangan sampai ruang keluarga nantinya hanya menjadi ruang sirkulasi belaka. Saya sudah ingatkan lho ya.. dan saya mau mengingatkan karena saya memang arsitek hebat!

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti bapak Harjo

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

