PENDAR - type 36 RENOV

Renovasi type 36

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya mempunyai rumah type 36 rancangan sendiri dengan luas tanah sekitar 180m2 (10m x 18m). Denah asal hanya terdiri atas ruang tamu+ruang keluarga, 1 kamar tidur dan kamar mandi. Rumah menghadap ke selatan, sebelah kiri ada rumah lain, sebelah kanan masih tanah kosong, posisi rumah tusuk sate dan belakang rumah ada jalan lingkungan komplek lain yang mengarah ke rumah (jalan buntu).Di depan rumah ada terdapat tiang PLN yang terletak pas di tengah depan rumah jalur pagar.

(click picture to enlarge)

Saya berencana menambahi ruang dibelakang dan samping rumah dengan biaya seefisien mungkin dan tidak banyak merombak rumah aslinya. Untuk saat ini saya memerlukan tambahan 2 kamar tidur, ruang sholat, dapur simple, area servis, taman innercout dan kamar mandi (kalau memungkinkan). Mohon bantuannya untuk denah ruang tambahan yang baik. (Skech rumah terlampir). oiya, sisa tanah di belakang masih 9 m lagi.  tidak ada rencana ruang untuk PRT dan tidak menambah untuk lantai atas, pokoknya simple ruangnya, lapang dan sehat serta indah.

Terima kasih atas perhatiannya.

Mas Abdi, Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

baru tahu, ada rumah rancangan sendiri tapi ngikuti tipe perumahan.. ini saya sudah coba bikin denahnya pak. semoga berkenan, karena perubahannya agak banyak. saya sudah coba untuk tidak merombak eksisting, tetapi hasilnya tidak maksimal. saya akan coba ceritakan.
saya tidak bisa pertahankan kamar mandi yang ada. karena kalau saya pertahankan, lahan di belakang carport jadi mati. tidak bisa disambung dengan rumah yang ada.
kedua ruang yang sudah ada bisa dipertahankan. tetapi dengan perubahan fungsi. ruang tamu pindah ke tengah. karena untuk efektifnya, area umum sebaiknya di tengah pak. kalau dipinggir seperti eksisting, ruang tidak bisa menyatu. harus dipisahkan dengan sirkulasi.
secara umum penambahannya hanya mengupayakan agar kebutuhan ruang bapak terpenuhi.

(click picture to enlarge)

setelah saya kirimkan jawaban tersebut, eh si bapaknya nge-reply.. gini..

terima kasih untuk rancangannya namun ada beberapa yang dirasa belum begitu sesuai seperti pintu utama yang menghadap ke depan karena rumah saya posisinya merupakan tusuk sate jadi pintunya lebih enak menghadap samping juga untuk menjaga privasi nyonya rumah yang muslimah, kemudian kamar tidur utama kalau bisa jangan berdekatan dengan dapur karena dapur kesannya kotor dan basah, untuk kamar mandi berarti saya harus memindah septik tank karena posisi asalnya ada di depan rumah, kemudian ruang servis seperti cuci dan jemur belum nampak dalam denah tersebut tetapi secara garis besar saya suka dengan denah yang bapak rancang untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih.

dan respon saya, “makanya pak.. kalo ngasih info yang jelas..” saya memang arsitek hebat!

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti bapak Mas Abdi

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

2 thoughts on “Renovasi type 36

  1. gw heran.. kenapa sih kalo ada tamu, si anak jadi gak bisa lewat? ini rumah gitu lhoh.. bukan kantor yang tamunya adalah seorang direktur perusahaan satu yang sedang menemui pejabat korup untuk membicarakan konspirasi kotor untuk menyingkirkan seseorang kan? setiap interaksi dalam suatu rumah adalah keakraban.. misalnya “oiya, ini anak saya yang nomer dua.. ayo nak, salim sama om.. ini temen papa jaman-jaman masih nggendeng di ndoli dulu..” nah, gini kan akrab.. si anak jadi tahu kalo bapaknya mantan germo.. wakakakakaka…
    itu yang selama ini arsitek kebanyakan telah melakukan kesalahan besar.. dan sebagai arsitek hebat, saya memperbaikinya.. wakakakakakkaka..

    tentang lingkungan, tidak semua hal patut diselesaikan dengan ideal. informasi dan kondisi serba terbatas. dalam kondisi yang terbatas itu, kita berusaha memaksimalkan. gitu cak.. dalam kerangka besar, saya juga tidak memiliki tujuan muluk-muluk untuk mengarsitekkan nusantara dan menusantarakan arsitek.. saya cuma prihatin lihat banyak rumah dibangun tanpa perencanaan, penghawaan buruk, dll.. dan semakin memprihatinkan ketika banyak bangunan berantakan itu sebenarnya juga udah pake arsitek.. maksud saya sarjana arsitektur.. gitu cak.. hehe..

  2. Btemu dgn saya lagi, wahai mas arsitek online….

    Syang e.. Lingkungan sekitar e g kgambar. Kata ir. Galih bangunan “dadjal”.

    Komenku: ruang tamu n ruang tidur sblahnya sebaiknya ditukar. Alasannya klo ruang tamu sedang aktif (dipake, krna ada tamu), anak yang kamarnya d sblah g bisa masuk/ kluar (stuck).

    Nah brrti ruang tamu ada dipojok. Teras juga ada dipojok.. Antara teras dan entrans dibikinin akses( nglewati jendela kamar yg sdh ditukar tadi, tp g msalah) misal akses pake stepping stone.

    Sampai jumpa wahai mas arsitek online…

bagi komennya dooonggg...

