PENDAR - agil RENOV 36

renov type 36 lagi!

PERMASALAHAN :

dear pendar..

saya mohon bantuan untuk desain pengembangan rumah saya. terlampir adalah desain awal rumah saya (semoga cukup jelas gambarnya). rumah tsb saya beli dari developer tanpa dapur, jadi dapur, ruangan kosong di belakang kamar mandi dan ruangan kosong di samping rumah adalah tambahan.


(click picture to enlarge)

yang saya perlukan adalah penambahan 2 kamar tidur (salah satunya adalah kamar tidur utama), 1 kamar mandi, 1 ruang keluarga, tempat jemur, gudang dan carport. adapun saya ingin desain pengembangan ini tidak mengubah sama sekali desain awal (dari developer) untuk menghemat biaya dan biar tidak repot waktu renovasi (jadi tidak perlu pindah rumah). jadi apabila perlu ditingkat, ya hanya di atas ruang kosong saja.

oiya, ada tambahan sedikit, saya ingin ada pintu samping (boleh menghadap barat atau utara mana yg menurut Bapak lebih baik dan lebih mudah mendesain nya). Dan lagi, berapa minimal dana yg hrs saya persiapkan.
kemudian, seandainya konsep desain dr Bapak ini dibangun secara bertahap, mana dulu yg harus dikerjakan. yang paling diperlukan saat ini adalah penambahan kamar tidur 1 dan kamar mandi 1 (karena kami tinggal berempat, saya, suami, ibu mertua dan adik ipar perempuan)

terimakasih banyak sebelumnya atas bantuan Bapak.

AGIL

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

saya sedikit tidak jelas dengan istilah ‘ruangan kosong’. Apakah yang dimaksud halaman belum terbangun yang diberi dinding keliling, atau ruangan jadi yang memang belum difungsikan.

Jika memang ruang kosong yang belum difungsikan, lalu pada saat dibangun dulu, tujuannya untuk apa? Sepertinya mas agil ini cukup kaya karena bisa menghambur2kan uang sedemikian rupa.. ini juga merupakan contoh bagi masyarakat Indonesia lainnya, mbok ya kalo mau renovasi atau bangun apa2 itu ngomong dulu sama saya. Orang konsultasi awalnya juga gratis.. kalo cuma saran2 saja, saya pasti gratiskan kok.. suer! daripada buang-buang uang seperti ini.

Kembali ke mas agil. Mas, kalau memang sudah ada ruangan, ya tinggal dibangun sekat2nya saja. kalau ada uang lagi, ya dibangun kamar mandinya. Pipanya dijadikan satu saja. pipa air kotor itu penuh hanya pada saat disiram saja. selain itu, kosong. Nah, kalau satu rumah, walaupun kamar mandi dua, kan nyiramnya bisa gantian.. janjian dulu kalo perlu.. buang airnya boleh bareng, tapi nyiramnya gantian.

Berikutnya, ruang kosong di belakang kamar mandi, dibongkar saja. atau dikecilkan. Begitu juga dengan dapur. Dipotong satu meter. Jadi setiap ruang bisa dapat akses udara bebas. Sehingga rumah mas agil bisa digolongkan sebagai rumah sehat. Itu dulu.. berikut denah pengembangan usulan saya.

(click picture to enlarge)

Keadaan kedua adalah jika ruang kosong itu masih berupa halaman yang diberi dinding keliling. Jika memang yang bapak butuhkan adalah satu kamar dan satu kamar mandi dulu, sebenarnya bisa di bangun kamar yang depan, pintu samping dan kamar mandi dulu. nanti kalau ada uang lagi, baru kamar tidur utama. Tapi saya rasa perubahan dananya tidak terlalu banyak. Dan lagi lebih ribet karena masalah atap yang harus ikut bertahap juga. Takutnya bakalan semakin banyak masalah. Harap diingat bahwa setiap sambungan atap adalah potensi kebocoran.

Jangan lupa, semua ruang harus memiliki akses terhadap udara bebas! Saya rasa cukup jelas. Dan sekali lagi semakin mengukuhkan bahwa saya memang arsitek hebat!

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti bapak Agil?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

