PENDARchitecture - budi isnaini

rumah dalam gang, lahan 6×8,5 m

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya memiliki tanah dengan ukuran 6 m x 8,5 m. Di sekeliling tanah sudah dibangun rumah sedangkan tanah saya menghadap ke timur. Lokasi di dalam gang, sehingga bisa dibangun tanpa sempadan. Desain rumah yang saya butuhkan nantinya adalah desaian rumah tumbuh. Yakni tahap pertama lantai 1 dan tahap selanjutnya lantai 2.

Ruang yang saya butuhkan untuk lantai 1 antara lain.
ruang tamu
2 kamar tidur
ruang keluarga/makan
1 kamar mandi
dapur
kalau mungkin ada taman kecil yang mendapat bukaan cahaya dari atas.

Untuk lantai 2:
jemuran
tempat cuci
mushola
1 kamar tidur

Jika ruangan yang dibutuhkan tidak sesuai, tolong disesuaikan untuk kenyamanan.
Demikian permohonan dari saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Salam.
Budi Isnaini

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

lokasi di gang, sehingga bisa tanpa sempadan.. hmm..  baiklah, karena memang tanahnya tidak luas. Pak budi, saya adalah arsitek hebat yang lebih menganut faham rumah tumbuh per area daripada per lantai. Karena rumah tumbuh per lantai itu sangat membatasi. Bangunan bisa jadi selamanya ditinggali dalam keadaan setengah jadi jika uang untuk mengembangkannya tidak juga kunjung datang. Suatu saat nanti akan saya jelaskan maksud saya. saya sempat bertanya jawab beberapa kali via email dengan pak budi ini, tapi ternyata kebutuhan ruangnya tidak dapat dirubah, dan beliau tetap menginginkan konsep tumbuh per lantai. Daripada saya perpanjang dengan kemungkinan sakit hati, karena sendi-sendi kearsitekan saya disamakan begitu saja dengan juru gambar, saya memilih diam.

(click picture to enlarge)

Diatas adalah usulan yang saya sampaikan. Saya tidak tahu bagaimana menumbuhkannya. Mungkin harus disiram air dan dipupuk tiap hari. Bagaimanapun juga, apa yang saya hasilkan itu tetap menunjukkan bahwa saya memang arsitek hebat! Hehe..

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti bapak Budi?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

