PENDAR - elvino

renov type 44/136

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya berencana utk merenov rumah saya type 44/136, yg awalnya memiliki 2 KT, 1KM,dapur dan sisa tanah belakang.

rencana saya ingin merenov menjadi 3 KT,2 KM,dapur,ruang keluarga dan ruang makan.
ada penembahan 2 taman kering dalam rumah untk sirkulasi cahaya dan udara.
juga 1 ruang kerja yg di gabung dgn woredrop di lt 2 (di atas kmar anak).

berikut saya attach design dasar yg saya buat, mohon saran dan tanggapan untuk rancangan gambar renov rumah saya ini. mohon dibuatkan gambar design yg lebih jelas dari gambar dasar saya ini. oiya, saya ingin ruang tamu sampai ruang keluarga menerus.
     

(click picture to enlarge)

Terima kasih untukk saran dan masukannya,
Elvino

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

Usul saya cuma satu, tangga yang di kamar diganti tangga putar saja. kamar utama bisa ketinggian 2 lantai. Tapi kamar mandinya gimana? apa ketinggian plafon 2 lantai juga? itu geser kamar dan bongkar kamar mandi, sepertinya sederhana, tapi mahal karena total bangun baru. Selain itu, sangat mahal untuk membangun dak lantai 2 seluas itu hanya untuk fungsi servis. Dan akhirnya, saya tidak akan pernah menyarankan siapapun untuk membangun habis lahan seperti yang akan bapak lakukan.

Kalau saya, mending saya biarkan bangunan eksisting dan bangun baru dua lantai di lahan belakang untuk kebutuhan tambahan. Sebagai usulan saya, saya bikin sedikit berbeda, hampir bangun baru juga. tapi saya yakin, biaya bangun desain saya ini tidak akan lebih mahal dari biaya renovasi sebagaimana bapak rencanakan.

 

 (click picture to enlarge)

Area lantai atas murni untuk ruang kerja dan kamar utama. Tandon air taruh di atas kamar mandi lantai atas. Sedangkan servis dan jemur ditarik balik ke lantai dasar. Jika bapak ingin ruang tamu dan ruang keluarga menerus sampai belakang, sekat bisa di buang. Tetapi pintu kamar mandi dipindah ke luar. Diakses dari teras servis.

Semoga usulan saya bisa lebih mencerahkan. Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti bapak Elvino?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

