PENDAR - herlina

lahan 126 m2, miring-miring!

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Selamat Siang Pak, saya mo minta bantuannya untuk design rumah saya. Luas tanah saya 120 M dan saya mempunyai keinginan membangun rumah tumbuh untuk sementara 1 lantai dulu tapi ada kemungkinan kami tingkat menjadi 2 Lt di kemudian hari, adapun ruang2 yang diinginkan adalah sbb:
1. KT Utama 1 ada KM didalam
2. KT Anak 1
3. R. Tamu
4. R. Keluarga
5. Dapur
6. Mushola (kalau cukup)
7. KM
8. Area Cuci Jemur
9. KT Pembantu + KM jika memungkinkan
10. Carport + Taman

Untuk informasi saya dan suami adalah pasangan muda dan baru menikah jadi budget untuk pembangunan rumah pun minim dan satu hal lagi dibelakang rumah kami terdapat pohon bambu yang banyak sekali dan letak rumah kami di bawah jalan setapak (jadi kalau dibangun rumah jalan setapak tsb sejajar dengan atap rumah).

Tanah saya itu bentuknya miring, berikut gambar denah tanahnya, ada bagian-bagian sebagai berikut:
I = P x L = 12.70 x 8.40 = 106.68
II = A x T : 2 = 2 x 12.70 : 2 = 12.7
III = A x T : 2 = 1.3 x 10.40 : 2 = 6.76
Total tanah = 126.14 m2

(click picture to enlarge)

Terima Kasih atas bantuannya ya pak.

Note: mohon maaf jika gambar denah tanahnya kurang informatif.

Salam
Herlina

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

sebenarnya saya mau langsung desain sama lantai atasnya sekalian. jadi nanti tinggal melanjutkan, bukan renovasi lagi. tetapi setelah saya tanyakan kebutuhan nantinya apa saja, si ibu herlina ini dengan polosnya menjawab, “masih belum tahu pak..” memang saya yang salah. Tidak ada orang yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. memang saya yang salah..

baiklah. Untuk tanah miring, penyelesaiannya adalah tidak memanfaatkan kemiringan itu. meskipun kondisi lahan dengan jalan setapak setinggi atap di belakang lahan. tetap saja, membangun ruangan miring hukumnya mendekati haram. Diberi bambu jakarta atau diberi pagar tinggi atau taman belakang dibikin beratap ringan saja cukup. Daripada ruangan sudah terlanjur miring-miring, tapi orang yang lewat juga gak niat ngintip. Rugi di ibu.

selain itu, semua keinginan ibu terpenuhi. Termasuk untuk mushala yang berstatus ‘kalau cukup’. Bahkan saya beri alternatif untuk yang satu ini. mengapa mushala saya bolehkan miring? Karena mushala sifatnya terbuka dan tidak pake perabot. Jadi mau ruangan lingkaran juga oke2 saja.

 

 (click picture to enlarge)

Sekali lagi terbukti, Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti Ibu Herlina?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

