PENDAR - efalinazhang

rumah dan resto barbekyu..

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Pak, saya sedang berencana untuk membeli rumah dengan luas tanah 10x20m.. Rencananya rumah ini akan kami renov total..jadi kami ingin sebagian tanah dijadikan sebagai restoran (6×20), sedangkan sisa 4×20 nya (untuk panjangnya sebenarnya masih kami pertimbangkan apakah tetap 20m atau 15m saja) ingin dibangun rumah tempat tinggal 2 tingkat.. jadi kami ingin rumah tempat tinggal seolah2 kelihatan terpisah dari restoran, walaupun nantinya kami ingin membuat pintu tembus dari rumah ke restoran..

untuk rumah tempat tinggal, kami membutuhkan halaman depan untuk parkir 1 mobil.. kemudian lantai dasar nya terdiri dari ruang tamu, meja makan, dapur, gudang dan kamar mandi..
lalu dilantai atasnya, terdapat kamar tidur utama, dan 2 kamar tidur tambahan..apabila luas bangunan memungkinkan, kami ingin agar kamar tidur utama memiliki kamar mandi dalam (optional), kemudian 1 kamar mandi diluar (wajib) di lantai atas ini..
satu lagi yang membingungkan adalah, lokasi tempat jemuran, apakah bapak bisa memberikan ide untuk lokasi tempat jemuran ini?

untuk restoran, kami hanya membutuhkan wilayah dapur basah ( area persiapan memasak dan cuci piring ), toilet tamu, wastafel, kasir, kemudian penempatan gerobak dan pemanggangan diluar restoran.. jadi restoran kami akan menggunakan kaca bening sebagai partisi dinding depan + pintu masuk..lalu diluar restoran penempatan gerobak dan pemanggangan..jadi bisa dibilang untuk area restoran ada pekarangan 2,5m sebelum pintu masuk restoran..

oh ya, apakah kami bisa membuat kamar yang sederhana untuk pegawai restoran 5-6 orang dilantai atas restoran tanpa melakukan pengecoran yang memakan biaya mahal?

thanks a lot

Efalina Zhang

 

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

sebenarnya saya agak ragu dengan efektifitas pembagian lahan seperti yang si ibu ini inginkan. Secara kesan keterpisahan sebagaimana diinginkan, mungkin iya, tetapi apakah denahnya bisa enak, itu masalah lain. bentuk lahan yang sempit memanjang yang dihasilkan dari pembagian tersebut akan sangat banyak membutuhkan ruang untuk sirkulasi. Dan lagi, kurang fleksibel.

Saya sempat menawarkan sebuah win-win solution kepada si ibu. tampak bisa diolah secara terpisah sebgaimana diinginkan, tetapi denah dalamnya tidak terpaku pada pembagian 4-6 tersebut. dimungkinkan terjadi overlap sesuai kebutuhan. Tetapi beliau ini bersikeras.. dan saya hanyalah seorang kuli yang kebetulan saja hebat dan jenius..

Oiya, saya sempat memaksa si ibu ini untuk memberikan denah eksisting dari bangunan yang akan di bongkar. Karena menurut saya, merenovasi eksisting itu akan menghasilkan satu bentukan denah yang punya cerita, punya keunikan tertentu dibanding dengan desain baru. Tetapi si ibu juga berkeras untuk membongkar total.. dan saya tetap hebat dan jenius..

 

 (click picture to enlarge)

Keinginan si ibu terpenuhi semua dalam denah tersebut. sedangkan lantai atas untuk karyawan, yang lebih murah dari cor beton? Yang lebih baik, banyak.. masih bisa menggunakan struktur baja atau kayu. Tapi harganya sayaa yakin tidak akan berbeda jauh. dan lahi bukankah nantinya dibangun bersamaan dengan lantai 2 area rumahnya ya.. namun demikian, keunggulan digunakannya material kayu atau baja adalah bahwa material tersebut adalah material hidup, maksud saya, bongkarannya masih bisa dipakai lagi. berbeda halnya dengan beton yang mati.

Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti ibu Efalina?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s