PENDAR - missy

desain melebar, lebih baik!

PERMASALAHAN :

dear pendar..

saya baru beli tanah kavling. Saya langsung beli karena untuk ukuran 300m2, di daerah ini, harga itu hanya 1/2 harga normal. Tapi saya kebingungan bagaimana harus mendesainnya, karena selain tanah sudut, tanah ini juga tusuk sate. Muka bangunan bisa memilih ke salah satu sisi. kedua jalan merupakan jalan hidup, sehingga bisa jadi alamat. Kemaren saya sempat ngobrol dengan teman sekolah yang kebetulan arsitek, menurut dia, sebaiknya memilih muka bangunan pada ruas yang pendek, karena peraturan sempadan hanya berlaku pada muka bangunan. Sehingga area terpotongnya tidak akan terlalu banyak. Apa benar demikian?

Sekalian saya juga memohon bantuan untuk dibuatkan perencanaan dengan mengacu pada pendapat teman saya diatas. adapun yang kami butuhkan adalah :

Ruang tamu, keluarga,kerja/library, makan

Dapur, pantri, servis, cuci jemur, gudang, garasi 2 mobil, carport.berikut saya

2 kamar anak, 2 kamar utama (satu untuk orang tua saya, sudah sepuh.)  kamar pembantu dan kamar mandi sesuai kebutuhan.

Berikut saya sertakan gambar tanah saya.

 

(click picture to enlarge)

Terima kasih atas bantuannya

Missy

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

karena saya adalah arsitek hebat, sedangkan saya yakin, teman anda hanyalah arsitek biasa, maka saya harus berbeda pendapat dengan teman anda itu.. hehe.. begini bu, pada dasarnya memang benar apa yang dikatakan teman anda itu. namun, lahan ibu adalah kasus khusus. maksud saya, pada ruas pendek tersebut terdapat dua tikungan. Sehingga ketika ditambah pagar rumah ibu, maka akan menjadi terlalu crowded. Saya tidak sedang memenangkan lingkungan dan mengalahkan ibu. saya tidak ingin mengatakan bahwa penambahan bukaan jalan baru pada rus tersebut akan mengganggu lingkungan. Tidak. tetapi bagi saya, sederhana, sangat tidak nyaman ketika kita masih berhenti menunggu pintu pagar terbuka untuk memasukkan mobil, kita selalu terganggu dengan suara klakson dari pengguna jalan yang terhambat. Sehingga bagi saya, seorang arsitek hebat, saya akan menghindari kekacauan itu.

 

 (click picture to enlarge)

Selain penjelasan diatas, tidak ada lagi yang ingin saya tambahkan. Secara tata ruang, apa yang saya sampaikan pada gambar diatas sudah cukup optimal. Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti ibu Missy?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

