PENDAR - pungki

eksplorasi tangga yang unik..

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Kami berencana untuk merenovasi rumah kami (gambar terlampir) menjadi 2 lantai.

 

(click picture to enlarge)

Mohon bantuan Bapak untuk mendesain rumah kami tsb. Adapun ruangan yang kami perlukan adalah sbb :
1. Ruang tamu
2. Ruang keluarga
3. Ruang makan
4. 1 kamar tidur utama
5. 2 kamar tidur anak
6. 1 kamar tidur tamu
7. 1 kamar tidur pembantu
8. Ruang kerja
9. Dapur
10. Tempat jemur
11. Garasi

Kami menginginkan rumah tersebut bisa mendapatkan cukup cahaya dan udara. Selama ini udara dan cahaya di bagian dalam rumah kami peroleh dari ruangan di belakang kamar tidur utama yang sering kami sebut selasar, yang terbuat dari polycarbonat, dan memiliki rongga udara. Kami juga ingin taman tetap dipertahankan. Mengingat lahan yang terbatas, apakah semua ruangan tersebut bisa dipenuhi, dan kira2 berapa biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah tsb?

Terima kasih untuk bantuan Bapak.

Salam,

Pungki

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

ketika pertama melihat denah rumah ibu, saya hampir pingsan.. (lebaaayyy…) kok ada ya tataruang seperti itu.. toiletnya yang menakjubkan.. pintunya dimana, terasnya dimana (awalnya saya sempat mengira kavling ibu adalah kavling sudut).. dan banyak lagi.

 

(click picture to enlarge)

tapi sudahlah.. saya sudah coba bikin denahnya. taman tidak berkurang. hanya berubah. tapi maaf seribu maaf, denah lama saya tidak bisa pertahankan. karena kalau mengikuti denah lama, hasilnya kurang maksimal. mengenai tangga, saya juga pindah. karena sepertinya tangga yang ada sekarang kurang memadai untuk penggunaan sehari-hari. sedikit saya mainkan, floating pada area yang miring. untuk menyiasati agar tangga tidak memakan tempat yang khusus. cukup unik.

Maaf bu kalau usulan saya seperti membangun ulang. Karena saya benar-benar tidak bisa menemukan cara terbaik untuk mengoptimalkan denah ibu. padahal saya adalah arsitek hebat.. jadi silahkan dijadikan pertimbangan saja. silahkan ibu fikirkan ulang, apakah ibu akan menggunakan denah saya dengan konsekwensi biaya, atau melanjutkan denah ibu dengan konsekwensi kenyamanan berkediaman yang akan sulit didapat.

** konfirmasi terakhir, ibu pungki memutuskan untuk membangun sesuai usulan saya dengan cara bertahap. Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti ibu Pungki?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio


2 thoughts on “eksplorasi tangga yang unik..

  1. @dauf ..

    ya tinggal ditambah kolam.. apa susahnya?

    begini, kenapa nggak akuarium aja sih? di ruang tamu tu orang duduk, berbicara dengan orang duduk. sehingga kalau dirasa perlu diberikan pengalih, ya seharusnya yang berkedudukan sejajar dengan mata orang duduk. jadi kalo yang punya rumah atau bahkan tamunya boring dengan materi yang dibicarakan, tinggal mengalihkan pandang ke aquarium yang sejajar. tidak perlu menunduk ke bawah nyariin ikan yang lagi sembunyi. kata ibu saya, kalo ada orang ngomong tu diperhatikan.. kalo ketahuan ngeles, bisa dianggap perbuatan tidak menyenangkan.. kan repot, baik-baik bertamu malah kena pasal..

    kalo memang maksa pengen kolam, bikin yang bentuknya sederhana. jangan pake batu-batu alam.. ada tebing-tebingnya.. norak. berat.

    atau kolamnya di halaman, tapu nerus ke ruang tamu.. jadi dinding bawahnya bolong.. tapi tiap hari bakalan perang sama nyamuk..

    kalo saya, bikin kolamnya diluar aja.. bikin agak tinggi.. trus, bagian dinding ruang tamu yang berbatasan dengan air kolam, diganti kaca. kliatannya lumayan cakep..

  2. Salam kenal.
    Mau naya gimana cara merenovasi ruang tamu yang sudah ada.yang saya iniginkan sekarang ini ruang tamu ada kolam ikannya,mohon sarannya?terimakasih

bagi komennya dooonggg...

