PENDAR - dhuhafani

renovasi type 90.. denah aslinya ancuuuuuurrr banget!

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Selamat siang pak,

Tahun lalu saya membeli sebuah rumah Tipe 90/198, hanya sayangnya ukuran kamar2 tidurnya tidak cukup besar. Saya berencana untuk merenovasi rumah tersebut dengan rencana :

1. Kamar tidur setidaknya berukuran 3×3 m2
2. Jumlah kamar tidur tetap 3 buah
3. Menambah 1bh kamar untuk pembantu
4. Menambah garasi mobil
5. Ada taman/kolam
6. Selama masa renovasi, keluarga kami tetap tinggal di sana, sehingga sebisa mungkin meminimalkan perubahan pada kondisi yang sudah ada

(click picture to enlarge)

Saya sudah mencoba2 membuat rencana renovasi, tetap satu lantai. ada tangga hanya menuju ke jemuran di atas. menurut bapak:
1. Apakah gambar rencana saya telah memenuhi aspek2 kenyamanan dan kesehatan nantinya?
2. Saya ingin sirkulasi udara dan cahaya cukup baik, apakah kehadiran taman di belakang bisa memenuhi keinginan tersebut? Saya khawatir rumah akan menjadi gelap dan pengap.
3. Kamar utama ada yang berada di tengah bagian rumah, bagaimana mengakalinya sehingga cukup cahaya dan udara?

(click picture to enlarge)

Terima kasih banyak atas saran dari bapak, semoga sukses selalu bersama bapak.

Dhuhafani

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

tanggapan untuk denah rencana renovasi bapak, jangan dibangun! hehe..pertama, jelas tidak sehat karena ada ruangan di dalam ruangan. taman dibelakang tidak akan banyak membantu dan kekawatiran bapak tentang gelap dan pengap pasti terjadi. pada banyak ruang. lalu tentang bagaimana mengakali, ya mudah saja. lahan jangan di bangun habis. tenang saja pak, bapak tidak salah. denah eksistingnya memang sangat berantakan. saya doakan agar developer ngawur seperti developer bapak itu cepet bangkrut saja. supaya tidak banyak lagi rumah dengan denah hancur seperti itu.. hehe.. berlebihan..

begini pak, saya sudah coba buat denahnya. sepertinya memang agak sulit untuk bisa maksimal. dapur dijadikan terbuka saja pak. biar tidak menyempitkan ruang makannya. untuk kamar belakang saya buat lebih terbuka karena memang akses privasinya sudah bagus.

 

(click picture to enlarge)

mengenai pertanyaan bapak, apakah kamar mandinya bisa ditarik masuk ke dalam dengan memundurkan dinding, saya tetap sarankan kamar mandi di luar. alasan saya, untuk bentuk ruang. karena kalau dimasukkan, yang berarti dinding pembatas dimundurkan, ruang yang terbentuk jadi kurang beraturan.
saya rasa kamar mandi itu juga tidak sepenuhnya di luar. mungkin semi saja. karena koridornya kan juga beratap penuh pak. Selain itu, sebenarnya saya kurang sreg dengan kamar mandi dan dapur yang saling bersinggungan. Bagi saya, kesannya jadi kurang higienis. Inilah alasan utama mengapa saya menjadikana kamar mandi di luar. Meskipun tetap berbatasan langsung, tetapi sedikit ada upaya untuk memisahkan.

Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti bapak Dhuhafani?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

