PENDAR - liliana

rumah dan penangkaran hewan peliharaan

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya sudah banyak membaca masukan Bapak pada halaman-halaman sebelumnya dan saya merasa desain bapak sangat bagus, oleh karena itu saya ingin minta tolong masukan dari Bapak mengenai renovasi rumah.

Saya baru-baru ini membeli rumah berukuran 9m x 20m, namun rumah ini ingin saya renovasi karena ukuran taman belakang dan taman depan terlalu besar sehingga luas bangunannya menjadi kecil.

Karena dana kami cukup terbatas, sekitar 70juta, mungkin saya akan menambah bangunan dengan memanfaatkan lahan di taman bagian belakang & depan, dan merombak sedikit tembok bagian dalam bangunan jika diperlukan.

Ruangan yang saya butuhkan adalah :
– 1 kamar tidur utama (tidak perlu ada kamar mandi)
– 2 kamar tidur anak (tidak perlu ada kamar mandi) (ukurannya lebih besar dari denah awal)
– 1 kamar mandi utama, khusus untuk keluarga
– 1 kamar mandi biasa, digunakan bila kamar mandi utama sedang digunakan, atau untuk tamu.
– Carport untuk 1 mobil (outdoor) dan 3 motor (akan dimasukkan ke rumah pada malam hari)
– Dapur dan ruang makan
– Ruang keluarga (kalau bisa, jangan berhubungan dengan tamu)
– Ruang tamu (tidak usah terlalu besar)
– 1 ruang kecil untuk gudang
– Teras/taman belakang (tidak usah terlalu besar) (3m x 3m juga cukup)
– 1 ruang kecil untuk menyimpan kandang anjing kami (kalau bisa, berhubungan dengan teras/taman belakang supaya tidak bau) (3m x 3m juga cukup)

Jika ternyata dana saya masih mencukupi, saya juga ingin membangun “dak” di atas untuk menjemur pakaian dan kalau memungkinkan saya juga ingin menempatkan ruang kecil khusus anjing di “dak” tersebut (sekitar 8 anjing), jadi di lantai bawah tidak perlu ada ruang untuk anjing.. Namun jika dananya tidak cukup, ruangan anjing diletakkan di lantai dasar saja. Berikut ini saya lampirkan juga denah bangunan awalnya.


(click picture to enlarge)

Mohon maaf jika ada salah kata dan terlalu banyak keinginan..🙂
Mohon tanggapannya..

Terima kasih..

Liliana T

 

TANGGAPAN DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

Maaf bu, pada akhir penjelasan ibu, ibu menuliskan ‘Mohon maaf jika ada salah kata dan terlalu banyak keinginan…’ Saya jadi takut, apakah saya salah baca, karena spesifikasi ruang yang ibu tuliskan diatasnya, menurut saya, sama sekali tidak banyak. Dan untuk itu, 70 juta adalah sangat cukup sekali, bahkan taman belakang tidak akan banyak berkurang.

Untuk ukuran kamar anak yang lebih besar, bisa dilakukan hanya dengan memajukan dinding depan (untuk kamar depan) dan memundurkan dinding belakang (untuk kamar belakang), sampai 1,25 meter, saya rasa masih bisa. sehingga ukuran kamar anak akan menjadi 3×4.

Sedangkan untuk ruang tamu, saya melihat jarak sempadan depan rumah ibu (6,5 m) itu cukup besar. Untuk perumahan biasanya 3 meter sudah cukup. Yang saya ingin tanyakan, apakah jarak sempadan itu bisa dikurangi atau tidak? Jika bisa, dengan mudah dan murah, ibu bisa membangun ruang baru di lokasi teras sekarang, untuk ruang tamu. Sedangkan ruang tamu sekarang, untuk ruang makan. Dengan demikian, saya rasa ruang tamu sudah bisa terpisah.

Sedangkan untuk parkir sepeda motor, bisa diletakkan pada carport bagian belakang (berdekatan dengan pintu dapur), dengan diberi pagar teralis atau semacamnya. Sehingga sepeda motor tidak perlu dimasukkan ke dalam rumah.

Untuk rumah anjing, seperti apa yang ibu inginkan? Apakah setiap anjing punya ruang sendiri, atau dijadikan satu ruang? Dan anjing ibu jenis apa? Ini untuk menentukan luas ruangnya.

Untuk lantai atas, saya rasa tidak perlu. Tanahnya masih cukup bu. Apalagi kasihan anjingnya kalau harus di atas (biasanya ruang hewan yang terpisah dari pemiliknya seperti itu, kebersihannya cenderung kurang terurus).

Kalau menurut saya, yang perlu diperbaiki adalah kualitas ruangnya. Kamar mandi yang tertutup, kamar PRT yang tertutup, akses makanan dari dapur ke ruang makan (yang mungkin terletak diantara ruang keluarga dan ruang tamu) harus melalui pintu servis yang berarti melalui area kamar mandi dan area cuci. Area kamar mandi servis yang sirkulasi udaranya harus melaui dapur dulu. Bagi saya, memperbaiki kualitas ruang ini yang penting dan justru akan memakan banyak biaya.

salam pendar!

TANGGAPAN BALIK :

dear pendar..

Wah, terima kasih banyak pak buat sarannya.. Tapi kalau tidak merepotkan, bisa dibuatkan gambar denahnya pak? Soalnya saya kurang kebayang denahnya..

Soal anjing saya, jenisnya pom jadi ukurannya tidak terlalu besar (sekitar 40cm). Untuk ruangan anjingnya, cukup satu ruangan saja untuk menyimpan semua kandang anjing. Kalau masalah ruang hewan yang terpisah kebersihannya malah kurang terurus, sepertinya tidak usah dikhawatirkan pak, soalnya kami memang fokus pada beternak anjing, jadi pasti kami bersihkan setiap hari. Jadi kalau dananya masih cukup, saya ingin membangun “dak” yang mungkin bisa dipakai untuk menjemur pakaian atau tempat berlari anjing kami..

Oya, kemarin kami sekeluarga habis corat-coret sketsa denah rumah.. Berikut saya lampirkan juga gambarnya. Tapi pak, saya kurang mengerti aturan-aturan tata letak ruangan yang baik, jadi mungkin denah ini masih berantakan tata letaknya.. Selain itu, di denah ini saya bingung harus dimana meletakkan tangga untuk naik ke “dak”.. Soal halaman depan yang terlalu besar, di denah saya juga sudah mengecilkan sampai berukuran 3.5m..

(click picture to enlarge)

Kalau tidak merepotkan bapak, mohon diperbaiki saja denah tersebut supaya bapak tidak perlu repot-repot mendesain dari awal lagi.. Tapi kalau bapak mau mendesain dari awal lagi juga saya sangaaat berterima kasih hehe..🙂 oiya pak, sepertinya kamar pembantu dihapus saja. karena sudah beberapa tahun ini tidak dipakai. Dan sepertinya memang tidak dibutuhkan lagi.

Terima kasih..

 

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

dari denah ibu, kok ruang anjingnya tidak ada ya bu? Apa di ‘dak’? tapi kok juga tidak ada tangganya.. dan lagi, denah ini semakin tidak karuh-karuhan. Dapurnya saja tidak ada akses udara sama sekali.. saya tidak bisa membayangkan bagaimana kalau sedang masak sambat teri atau sambal terasi.. mungkin rasa sambalnya bisa kebawa mimpi karena baunya sampai nempel di bantal.. berikut saya sudah buata denah usulan saya. semoga bisa dipertimbangkan.

(click picture to enlarge)

Saya memang arsitek hebat!

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti ibu Liliana?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

