PENDAR - denah - izzah

rumah gedeeeeeeeeeeee…… banget!

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya baru saja membeli tanah dgn ukuran 28x32m. Ukuran 28m arah ke jalan menghadap utara, sedangkan 32m panjang ke belakang.
Saya mohon dibuatkan disain rumah, dimana bagian timur, tanah 7m dipergunakan untuk taman, agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.
Rencananya, bangunan rumah akan saya tinggikan kira-kira 2m dari jalan, karena daerah tersebut rawan banjir. Kecuali garasi, cukup 1m dari jalan.

Ruangan yang saya butuhkan.

Lantai 1
Garasi (4mobil)
Ruang tamu 5x5m
Ruang keluarga
Taman dalam rumah (kecil saja, untuk sirkulasi udara,dengan atap terbuka langsung ke atas)
Ruang makan
Pantry
Kamar tidur 2buah 5x5m dgn kamar mandi di dalam
Ruang shalat dgn tempat wudhu (kamar mandi)
Dapur kotor
kamar mandi cuci
Gudang
Kolam renang 4x10m

Lantai 2
Ruang duduk
Ruang fitness
Kamar tidur utama 5x5m disertai dengan walk in closet dan kamar mandi connecting dgn ruang perpustakaan ukuran 5x5m juga
Kamar tidur 3buah 4x5m dgn kamar mandi masing2nya
Mini pantry
Kamar pembantu
Tempat jemur dan setrika

Terima kasih

Izzah

 

 

TANGGAPAN pendarchitecture studio :

salam pendar..

sementara ini, saya tertarik dengan garasi yang hanya dinaikkan satu meter. tinggi banjirnya biasanya berapa bu? karena mobil termasuk barang mewah, sehingga sayang kalau ketinggian levelnya kurang dan banjir tetap masuk.
sebagai gambaran, ada sebuah kasus desain rumah di daerah banjir yang malah menempatkan garasi di lantai atas.

JAWABAN :

dear pendar..

Sebenarnya bukan banjir sebenar banjir yang saya maksudkan. Saya tinggal di Padang, Sumatera Barat. Kira-kira 750m dari garis pantai. Berdasarkan isu-isu yang berkembang, bahwa suatu saat nanti Padang akan terjadi gempa besar yang disertai tsunami (entah kapan). Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut, maka saya merencanakan membangun rumah yang tinggi dari jalan. Jika saya meninggikan garasi 2m dari jalan, apa nanti tidak susah mobil masuk ke garasi? Karena 2m dari jalan, tentu carportnya jadi curam/terjal. Jadi bagaimana sebaiknya menurut Bapak.

Terima kasih atas sarannya.

 

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

Ooo… ternyata dinaikkan itu untuk menghindari tsunami to.. jarak 750m kalo cuma naik satu meter, ya lewat bu.. orang dua meter aja lewat.. saya kira untuk antisipasi banjir rob atau apa gitu. kalau saran saya, daripada susah-susah naikin garasi, mending mobilnya diasuransikan saja bu..

Lalu untuk rumahnya, jika melihat spesifikasi ruang yang ibu butuhkan, sepertinya akan menjadi rumah mewah. So be it..

 

 (click picture to enlarge)

Saya rasa sudah cukup mewah… Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti Ibu Izzah?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

 

bagi komennya dooonggg...

