PENDAR - denah - rsulaiman

rumah penuuuuuuuuuuh sesak! jadi legaaa…

PERMASALAHAN :

dear pendar..

Saya baru saja membeli rumah ini dan sedang kehabisan ide bagaimana saya bisa me-redesign rumah ini dengan biaya renovasi yg tidak terlalu mahal (Max Budget: 100jt)

Berikut ini saya lampirkan denah yg ingin di renovasi..


(click picture to enlarge)

Ukuran tanah: 8X20M
Rumah 2 lantai
Dengan:
3-4 Kamar Tidur
2-3 Kamar Mandi (tdk termasuk KM Pembantu)

Preference:
1. Minimalis

2. Kamar mandi di KT. Utama ingin di pindahkan (Bingung mau di pindahkan kemana)

3. Dapur harus besar dan ada dapur bersih dan dapur kotor – Dapur bersih sangat di harapkan ada meja bar. maklum …istri suka sekali memasak dan membuat kue

6. Saat ini kami memilliki meja makan yg cukup besar (ukuran 1.2mX2m), kami sangat mengharapkan agar meja tersebut dapat kami bawa ke rumah kami yg baru. Kalau melihat ruang makan yg ada, sangat tidak mungkin meja tersebut di letakan disana. Ada ide?

7. Saat ini ada 1 kamar mandi di lt.1, dan 1 kamar mandi di lt.2 – bagaimana baiknya?

Demikian yg bisa saya sampaikan mohon saran dan petunjuknya.

Best regards,
R. Sulaiman

 

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

denahnya penuh sekali ya pak. Kalau tebakan saya benar, pemilik lamanya pasti orang chinese, benar? karena banyak kasus, selalu penuh seperti itu. orientasinya selalu ke dalam.

Saran pertama, ruang keluarga extension begitu juga dengan ruang tidur utama diatasnya, harus dibongkar. Saya tidak tahu apa yang biasa dilakukan oleh pemiliknya di ruang tidur seluas itu. kamar mandi tidak perlu di pindah, tapi perlu ditambah. Selain orang tua, anak juga memiliki hak yang sama untuk bisa mandi dan buang air secara layak. Hehe..

Area pembantu saya tarik naik. Sehingga di bawah bisa tambah dapur. Saya tidak tahu sebesar apa dapur yang bapak harapkan. Tapi saya rasa cukup. Toh preparasinya bisa dilakukan di meja makan yang naudzubillah besarnya itu. gudang saya buang. Diganti dengan rak susun di garasi. 

 

 (click picture to enlarge)

tentang budget, saya rasa cukup. karena pekerjaan bongkarnya lumayan besar, saya sarankan untuk pekerjaan tersebut diserahkan kepada mandor yang spesialis bongkar. biasanya perhitungan dia lebih matang, sehingga bisa lebih miring. lalu untuk area yang dijadikan kamar mandi, jangan pelit-pelit dalam menggunakan lapisan anti bocor. karena area tersebut tidak sedari awal direncanakan untuk area basah.

Mungkin seperti itu.. Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Sulaiman?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

 

bagi komennya dooonggg...

