PENDAR - denah - sfadhli

air sumur rasa duren.. hiiiiiii….

PERMASALAHAN :

dear pendar..

saya memiliki tanah ukuran 20 x 15 dan berencana untuk membangun rumah menghadap ke selatan( ukuran dan gambar terlampir), tapi saya mengalami kendala dalam mmbuat desain ruang-ruang pada rumah dengan ukuran seperti itu,. rencana saya membuat rumah yang minimalis dengan fokus pada sirkulasi udara yang baik dan juga taman besar yang mengelilingi rumah. adapun ruangan yang saya butuhkan adalah sebagai berikut :

Lantai dasar : ruang tidur utama, garasi, ruang tamu,ruang shalat, kamar tidur tamu, kamar tidur pembantu, dapur, servis area, ruang makan dan ruang keluarga.

Lantai 1 : kamar tidur anak, kamar tidur anak, kamar tidur anak, ruang keluarga dan balkon.

demi penghematan listrik, saya bermaksud untuk membuat dua buah bak besar untuk penampungan air, saya mohon bantuan untuk peletakan bak tersebut. adapun dua bak besar ingin saya fungsikan sebagai penampungan air bersih(PAM) dan yang satunya air sumur untuk keperluan sehari-hari, ini saya rencanakan karena kualitas air sumur yang kurang bagus dan juga PAM yang sering tersendat.

demikian, atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

Saiful Fadhli

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

pada dasarnya penempatan sumur yang cukup aman terhadap kontaminasi adalah berjarak kurang lebih 10 m dari sumur resapan terdekat (bukan septictank). Karena kalau tidak, maka air sumur bapak akan memiliki rasa yang berubah-ubah setiap harinya, tergantung menu masakan tetangga bapak. dan saya rasa itu sedikit menjijikkan.. hehe..

biasanya, untuk menentukan perletakan sumur, harus tanya dulu kepada tetangga sebelah, dimana mereka meletakkan sumur resapannya? baru kemudian kita tentukan letak sumur kita.

tetapi karena lahan bapak cukup luas, berikut kami sertakan gambar perletakan sumur yang kami sarankan berserta perletakan sumur resapannya.

(click picture to enlarge)

namun demikian, perletakan sumur resapan tersebut tetap membutuhkan informasi dari tetangga sebelah mengenai posisi sumur mereka. selain itu, jika dapat ditanyakan mengenai letak sumur resapan para tetangga tersebut, tentunya perletakan sumur bapak dapat lebih leluasa. untuk under water reservoir, sebaiknya diletakkan di dekat sumur saja.

ini saya sudah coba bikin denahnya pak, mengenai letak sumur dan under water reservoir-nya berada di bawah tangga. Kebutuhan ruang, semua sesuai keinginan bapak.

(click picture to enlarge)

semoga berkenan dan selamat membangun. Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Fadhli?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

