PENDAR - denah - rsaleh

balada taman kecil di lahan luas..

PERMASALAHAN :

dear pendar..

mohon bantuan dari Bapak untuk membuatkan gambar rumah untuk saya dengan ukuran tanah panjang 28m lebar 14 m. tanah tersebut menghadap keselatan pada sisi lebar.

adapun ruangan-ruangan yang saya inginkan :
1. Kamar tidur utama
2. kamar mandi kamar tidur utama
3. kamar tidur anak 2
4. kamar tidur tamu
5. kamar mandi 2
6. Ruang keluarga
7. ruang tamu
8. dapur menyatu dengan ruang makan
9. kamar pembantu
10. garasi
11. gudang

saya ingin agar ruang tidur utama, ruang keluarga dan ruang makan berada dekat dengan taman kecil disamping rumah. Oiya, kami ingin kamar tidur yang luas-luas.

atas bantuan, bapak saya ucapkan terima kasih.

Rahmat Saleh

 

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

saya agak keberatan dengan keinginan bapak yang terakhir itu. kalau ada keinginan semacam itu, seharusnya bapak menjelaskan dengan lebih pantas melalui gambar. oret oret saja. sehingga saya tidak perlu susah-susah membayangkan keinginan bapak itu. apakah tamannya harus kecil? Padahal tanah bapak begitu luas. Dan apakah harus di samping? Lalu mengapa harus ketiga ruang itu?

saya bingung bukaan masalah apa-apa. Saya bisa merencanakan denah diawali dari setting taman kecil di samping yang dikelilingi oleh ketiga ruang itu, tetapi masalahnya, bagaimana dengan ruang-ruang lainnya? padahal semua minta yang luas-luas. saya rasa perencanaan harus lebih integratif.

 

 (click picture to enlarge)

Mohon maaf apabila keinginan bapak tidak dapat terpenuhi seluruhnya. Terutama untuk kamar utama menghadap taman kecil di samping. Tetapi saya gantikan dengan menghadap taman luas di belakang. Dan mengenai kamar yang luas-luas, saya terjemahkan secara proporsional. Saya rasa sudah cukup luas. Walaupun dengan konsekwensi muncul koridor. Kalau bapak ingin ada akses menuju taman belakang, bisa ditempatkan pada ujung koridor tersebut.

Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Rahmat?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

 

bagi komennya dooonggg...

