PENDAR - denah - vickyrus

renovasi apa bangun baru ya???

PERMASALAHAN :

dear pendar..

saya baru beli tanah, tapi tanah tersebut sudah ada pondasinya. pondasi tersebut dibuat oleh pemilik lama berdasarkan gambar berikut :

(click picture to enlarge)

Namun, kebutuhan saya saat ini berbeda dengan denah tersebut. kebutuhan ruangan saya dan keluarga adalah :

– 1 ruang tidur utama (dengan kamar mandi dalam)
– 2 ruang tidur anak
– 1 kamar mandi / toilet
– dapur
– ruang keluarga
– ruang tamu
– car port / garasi
– taman
– gudang (tentative – boleh ada boleh tidak)
– ruang kerja (tentative – boleh ada boleh tidak)

saya mohon bantuan bapak untuk memberikan saya tatanan ruang sebagaimana saya butuhkan tersebut namun sedapat mungkin menggunakan pondasi yang sudah ada.
atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih..

Thanks

Vicky rusli

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

selama ini orang memilih membeli rumah karena praktis, tidak pake ribet. tinggal bawa koper, langsung masuk (tentunya kopernya bakalan besar besar karena isinya lemari, dipan, kompor gas, dll). ada juga orang yang memilih membeli tanah karena mereka bisa kontrol kualitas bangunannya. baik kualitas konstruksi, maupun keleluasaan dalam upaya mensenyawakan antara kebutuhan dan wadahnya.

anda diluar kelaziman. karena apa yang anda lakukan dengan membeli tanah berpondasi itu menghilangkan kepraktisan rumah dan keleluasaan tanah sekaligus. sehingga ketika nantinya anda punya rejeki lagi dan mau beli rumah atau tanah, jangan diulangi lagi! hehe..

tapi berhubung saya adalah arsitek hebat, saya akan membantu bapak semaksimal mungkin.

dalam kasus ini, saya rasa tidak ada masalah. Pondasi lama tetap bisa digunakan. Pada gambar tersebut, pondasi belakang saya mundurkan satu meter biar luas kamar anaknya sama. karena saya suka simetris dan keadilan yang merata. hidup anda akan sangat berat jika anak anda merasa dibedakan kasih sayangnya hanya gara-gara kamar yang tidak sama luas. padahal itu salah pemilik tanah anda yang lama. Tetapi jika bapak tidak memundurkan pun tidak masalah.

tentang Gudang dan ruang kerja, saya tetap adakan. Kalau ternyata bapak tidak jadi membutuhkan, tidak bisa dihilangkan begitu saja pak. Harus ditata ulang.  padahal saya yakin bapak tidak membutuhkannya. anda hanya mengikuti kebutuhan ruang pemilik lama.. kasihan..

 

 (click picture to enlarge)

mungkin akan seperti itu jadinya. terbukti kan, Saya memang arsitek hebat!

 

salam pendar!

 

anda juga ingin berkonsultasi seperti Bapak Vicky?

atau sekedar ingin mendapatkan pencerahan dari seorang arsitek hebat?

kirimkan permasalahan anda ke alamat : purbanikumasafi@gmail.com

pendarchitecture online studio

bagi komennya dooonggg...

