PUTU SUNANCA

tanah 70m2 kok minta 3 kamar..

PERMASALAHAN :

dear pendar..

sore bro, tahun lalu saya beli rumah. Selama setahun ini saya kontrakkan dan sekarang mau ditempati sendiri. Saya sudah lihat lihat halaman lain, tapi nggak ada yang bisa diadopsi ke denah saya. apa sebaiknya di bongkar total dan bangun ulang? Cuma type 21 kok.

denah jimbaran view

(gosok-gosok aja gan linknya.. biar bangun..)

keinginan ruang nya nggak muluk muluk. Cuma perlu 3 kamar tidur saja. lainnya bisa menyesuaikan. 2 lantai, agar ruangannya lapang dan masih bisa punya taman. Minta tolong sekali untuk bisa di bantu. Karena uang buat bangun ini dari hasil utang bank. Kalau jadinya mengecewakan, sayang uangnya.

Terima kasih dan saya doakan mas bro selalu sukses dalam hidup dan pekerjaannya.

Putu Sunanca

 

SOLUSI DARI pendarchitecture studio :

salam pendar..

gile bener.. kliatannya butuh siraman desain nih orang.. dan sebagai arsitek hebat yang juga baik hati, saya pun bersedia membantu.

Begini mas Putu, tentang pertanyaan apakah perlu di bongkar total, pertanyaan yang cukup tajam. Karena mas putu minta 2 lantai, maka jawabannya 50-50 mas. menambah lantai itu berarti harus memperkuat struktur. Yang berarti harus membuat pondasi setapak baru dan kolom penyangga baru. Kalaupun mempertahankan denah asli, yang benar benar tidak di bongkar hanya dinding tengah saja. sedang sudut sudutnya harus di tambahkan kolom baru. Apalagi kalau tata ruangnya dirubah, harus mindah pintu dkk, habislah semua dengan sendirinya. Itu 50 yang pertama.

50 yang kedua, dengan mempertahankan bentuk asli, setidaknya pondasi dan sebagian dinding pada bangunan itu bisa dimanfaatkan, harga pondasi dan sebagian dinding itu juga lumayan untuk mengurangi modal yang harus utang bank. Ternyata, selain hebat, saya juga arsitek yang bijaksana..

Dan mengenai keinginan yang tidak muluk muluk, 3 kamar untuk lahan yang hanya 70 meter persegi itu menurut saya lebih dari muluk muluk mas! tapi namanya juga bali.. tahun 2010 saya ada kerjaan di daerah nusa dua, harga tanah masih 100 juta per are. Pertengahan 2012, ada kerjaan lagi harga tanah sudah 200 juta per are. Dan lagi, bulan lalu sudah 400 juta. Memang mengerikan harga tanah itu..

PUTU SUNANCA

(gosok-gosok aja gan gambarnya.. biar bangun..)

Kamar eksisting saya pertahankan namun berubah fungsi menjadi ruang tamu. Sebenarnya saya mau kasih tangga putar biar ngirit tempat. Tapi mas sunanca bilang, kalo pake tangga putar jadi seperti ruang jemuran semua. Ah.. Saya hanyalah seorang arsitek hebat diantara kungkungan mereka yang awam..

salam pendar!

bagi komennya dooonggg...

